Untuk bisnis perangkat audio, Xiaomi memang bukan pemain baru karena perusahaan Tiongkok ini sebelumnya telah banyak meluncurkan produk audio. Saat ini mereka telah memiliki banyak speaker dan earphone Mi Piston yang memiliki kualitas cukup baik. Namun tidak banyak orang yang tahu jika Xiaomi juga memiliki produk speaker wireless internet radio.

Xiaomi Internet Radio meluncur awal tahun 2016
Xiaomi Internet Radio meluncur awal tahun 2016

Awal tahun ini Xiaomi telah merilis radio internet dengan kontrol sentuh di bagian atas dan tombol merah kecil di pojok kanan atas. Untuk menggunakannya, Anda harus memasangkannya ke smartphone Anda melalui Mi Home App sebelum mendapatkan akses ke stasiun online. Setelah itu Anda bisa memilih untuk menggunakan tombol merah untuk beralih ke stasiun radio atau tetap menggunakan ponsel Anda.

Namun speaker tersebut memiliki kelemahan, yakni tidak memiliki built-in baterai, sehingga Anda harus memasangkannya ke stop kontak atau power bank kapan saja Anda ingin menggunakannya. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakannya seperti speaker biasa. Namun perusahaan ini merilis sebuah speaker internet baru yang memecahkan hampir semua masalah tersebut dan dapat melakukan hal yang lebih banyak lagi.

xiaomi-internet-speaker
Xiaomi Internet Speaker

Xiaomi Internet Speaker memang besar dan berat, dimana bobotnya mencapai 1,6 kg. Ini memiliki prosesor Amlogc 8726M3 Cortex A9 dan mendukung dual Band WiFi serta Bluetooth 4.1 untuk konektivitasnya. Ada built-in storage sebesar 8GB, port USB 2.0, dan jack tambahan yang memungkinkan Anda untuk tetap menikmati speaker ini bahkan jika tidak ada akses internet. Xiaomi Internet Speaker memiliki dua sub-woofer 2.5-inch untuk bass tambahan, dua driver utama, dan telah menggunakan teknologi bass channel vented.

Terlepas dari cara mengendalikannya melalui tombol fisik atau Mi Home App, Xiaomi Internet Speaker juga mendukung kontrol suara. Tentu ini lebih praktis karena hanya perlu berbicara untuk mengontrol speaker ini.

xiaomi-internet-speaker-connectivity
Xiaomi internet Speaker

Selain itu, speaker ini juga dapat berfungsi sebagai jam alarm dan akan membangunkan Anda dengan lagu yang telah ditetapkan sebelumnya, seperti produk Mi Alarm Clock. Namun ada satu hal yang mereka lewatkan, yakni tidak memberikan baterai di dalamnya. Jadi satu-satunya cara Anda dapat mengidupkan speaker itu melalui soket dinding dengan kabel listrik yang telah disertakan.

Xiaomi mengatakan speaker ini dapat menarik lagu dari database lebih dari 20 juta dan terhubung dengan ribuan stasiun radio online. Sementara untuk harga, Xiaomi Internet Speaker dibanderol seharga  ¥399 (Rp781 ribuan) dan akan mulai dijual pada tanggal 25 November 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here