Perusahaan asal negeri tirai bambu ini tak henti-hentinya menghadirkan sesuatu yang baru. Setelah sukses dengan bisnis produk ponselnya yang laris manis dipasaran, kini Xiaomi dikabarkan akan memproduksi perangkat laptop. Rumor tentang Xiaomi akan produksi laptop pun sudah beredar sebelumnya.

Laptop Xiaomi

Namun kali ini infromasi nampak lebih jelas, seperti yang dilansir dari Bloomberg (2/9/2015), Xiaomi dikabarkan sedang berusaha mendekati perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, untuk memasok komponen layar dan chip memori laptop.

Laptop yang akan diproduksi Xiaomi ini kabarnya juga akan bersaing dengan perangkat laptop papan atas seperti MacBook milik Apple dan ThinkPad milik Lenovo. Tentunya ini akan menjadi semakin menarik dengan recana Xiaomi yang berekspansi ke bisnis laptop.

Menurut kabar yang sedang beredar, perangkat laptop buatan Xiaomi ini akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang. Jika rumor ini memang benar adanya, tentunya ini menjadi sebuah pencapaian yang besar bagi Xiaomi mengingat umur perusahaan ini yang tergolong masih muda.

Dalam kurun waktu lima tahun ini, Xiaomi berhasil menduduki posisi vendor smartphone papan atas yang memproduksi smartphone dengan komponen yang berkualitas. Posisi papan atas hingga saat ini didominasi oleh pemain-pemain lama. Kali ini Xiaomi juga ingin merebut posisi papan atas pasar laptop yang saat ini masih didominasi oleh para pemain lama seperti Apple dan Lenovo.

Jika kabar Xiaomi akan memproduksi laptop memang benar adanya, maka ini bukan menjadi keutungan bagi Xiaomi semata, namu juga bagi Samsung yang saat ini angka penjualan smartphone-nya terpuruk. Dengan menyuplai komponen laptop untuk Xiaomi, Samsung akan mendapatkan penghasilan tambahan yang selama ini bergantung besar pada bisnis smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here