Ilustrasi (Kredit: Gooyait)

Saat ini pada vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan teknologi terkini pada perangkat yang mereka buat. Selain untuk memikat para konsumen, strategi ini juga bertujuan untuk meningkatkan nama besar perusahaan di dunia teknologi. Banyak smartphone sekarang ini menghadirkan fitur keamanan, salah satunya sensor pemindai sidik jari yang disematkan pada smartphone flagship.

Ilustrasi (Kredit: Gooyait)
Ilustrasi (Kredit: Gooyait)

Baru-baru ini Xiaomi dikabarkan akan menghadirkan sensor pemindai sidik baru yang bakal disematkan pada smartphone penerus Xaomi Mi 4, yakni Xiaomi Mi 5. Smartphone ini digadang-gadang mengusung sensor fingerprint ultrasonik yang merupakan teknologi terbaru dari Qualcomm. Teknologi ini merupakan fitur bawaan pada chip terbaru besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 820 yang bakal menggantikan posisi Snapdragon 810 di kelas high-end.

Qualcomm sendiri menyebut teknologi terbarunya itu dengan sebutan Snapdragon Sense ID 3D Fingerprint Technology, yang diklaim memiliki kelebihan dan tingkat keamanan yang lebih baik ketimbang teknologi sensor pemindai sidik jari konvensional yang ada pada kebanyakan smartphone saat ini.

(Kredit: Gizmochina)
(Kredit: Gizmochina)

 

Sensor fingerprint terbaru ini membuat peta sidik jari yang lebih rumit dan lebih detail, sehingga tingkat keakuratannya menjadi lebih baik. Hal ini tentunya juga meningkatkan segi keamanan smartphone, karena akhir-akhir ini banyak beredar berita bahwa sensor pemindai sidik jari pada kebanyakan smartphone saat ini mudah untuk dibobol.

Selain itu, sensor ini tidak memerlukan komponen kapasitif tambahan seperti teknologi sensor fingerprint konvensional. Bahkan bahan meterial seperti kaca, plastik, atau metal juga bisa digunakan sebagai medianya. Jadi para vendor dapat menempatkan sensor ini di manapun seperti di layar smartphone atau bahkan di bagian frame smartphone. Menarik bukan?

Hadirnya teknologi terbaru ini bakal menjadi salah satu andalan Xiaomi untuk menarik perhatian konsumen yang lebih luas. Terlebih flagship dari Xiaomi ini juga memiliki spesifikasi yang premium, sebut saja chip Snapdragon 820, RAM 4GB, kamera utama 16MP, dan MIUI terbaru yang berbasis Android Lollipop 5.1. Smartphone ini dirumorkan bakal hadir akhir tahun 2015 ini.

(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here