Seperti yang direncanakan, akhirnya Xiaomi meluncurkan smartphone terbarunya yang bernama Mi 5s. Pada peluncuran hari ini, perusahaan memperkenalkan dua model sekaligus, yakni Mi 5s dan Mi 5s Plus. Kedua smartphone ini bakal menandingi smartphone flagship lainnya, seperti iPhone 7 dan lain-lain. Lalu apa saja yang dimiliki oleh Mi 5s?

xiaomi-mi5s-official-03

Secara desain smartphone ini mengusung desain yang sebeneranya tidak jauh berbeda dengan smartphone sebelumnya. Jika Xiaomi menggunakan varian keramik 3D pada Mi 5, kali ini perusahaan lebih memilih metal. Selain tidak kesulitan dalam memproduksinya, hal ini juga agar mengurangi isu pasokan karena sulitnya membuat body dari bahan keramik. Namun smartphone ini tetap memiliki bentuk 3D melengkung di sisi samping belakang yang tentunya lebih ergonomis.

xiaomi-mi5s-official-04

Nantinya bakal ada empat pilihan warna, abu-abu gelap, perak, emas dan rose gold. Body logam mendapat matte anodizing untuk memberikan tampilan yang unik. Di bagian depan, ponsel ini mengusung kaca 2.5D, yang memberikan nuansa sedikit melengkung.

xiaomi-mi5s-official-02

Untuk spesifikasinya, smartphone ini mengusung chipset terbaru dan tercepat dari Qualcomm, yakni Snapdragon 821. Untuk memorinya terdapat dua varian, yakni RAM 3GB untuk penyimpanan internal 64GB dan RAM 4GB untuk kapasitas penyimpanan internal sebesar 128GB. Smartphone ini menggunakan memori UFS 2.0 berkecepatan tinggi untuk memberikan performa yang mengagumkan.

xiaomi-mi5s-official-01

Untuk model Mi 5s memiliki layar seluas  5.15 inci dengan resolusi Full HD 1080p dengan tingkat kecerahan hingga 600 nits. Fitur lain pada layar ini termasuk mendukung NTSC color gamut hingga 95% dan saturasi warna yang tinggi. Selain itu, bakal ada juga fitur Force Touch yang mendukung sensitivitas tekanan tinggi tetapi hanya hadir pada model RAM 4GB + ROM 128GB.

xiaomi-mi5s-camera

Untuk spesifikasi sudah tidak heran lagi jika smartphone ini mengusung hardware papan atas. Namun ada yang menjadi sorotan, yakni teknologi sensor fingerprint ultrasonic dari Qualcomm. Teknologi ini memungkinkan sensor berada di bawah kaca, sehingga tidak terlihat dari pandangan kita. Selain itu, sensor ini juga diklaim lebih cepat dan akurat meski tangan berkeringat atau basah.

Sampel kamera Mi 5s
Sampel kamera Mi 5s
Perbandingan kamera
Perbandingan kamera

Untuk sektor fotografi smartphone ini juga unggul, di mana Mi 5s telah mengusung kamera utama 12MP Sony IMX378 1/2.3″ sensor 1.55um (ultrapixel), yang 61% lebih besar daripada yang digunakan iPhone 6S Plus. Dengan sensor yang lebih besar ini Xiaomi berani mengklaim jika smartphone ini dapat menangkap bintang saat malam hari.

Sementara untuk selfie, Anda dapat menggunakan kamera depan 4MP Ultrapixel dengan aperture f/2.0, sudut pandang hingga 80 derajat dan teknologi pengenalan wajah.

Xiaomi Mi 5S juga dilengkapi dengan NFC dan 4G+. Jadi, harus mendukung sistem pembayaran yang diaktifkan dengan sidik jari seperti Xiaomi Pay di China. Spesifikasi lainnya termasuk Wi-Fi 802.1 ac dual band dengan MU-MIMO, Bluetooth 4.2, Bluetooth HID, Wi-Fi Direct dan Wi-Fi Display.

xiaomi-mi5s-pricing

Smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3200mAh dengan Quick Charge 3.0 (9V 2A) menggunakan port USB Type-C. Xiaomi Mi 5S akan mulai dijual 29 September nanti di China dengan harga 1999 Yuan (Rp3,8 jutaan) untuk versi 64GB dan 2.299 Yuan (Rp4,4 jutaan) untuk versi 128GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here