Xiaomi Mi A1 Resmi Diluncurkan, Smartphone Android One dengan Dual-Kamera yang Siap...

Xiaomi Mi A1 Resmi Diluncurkan, Smartphone Android One dengan Dual-Kamera yang Siap Hadir Di Indonesia

Setelah beberapa minggu belakangan ini samrtphone Android One dari Xiaomi menjadi bahan perbincangan, akhirnya Xiaomi merilis smartphone Android One pertama miliknya yang disebut sebagai Xiaomi Mi A1. Seperti yang diharapkan, pada dasarnya Xiaomi Mi A1 menggunakan basis Xiaomi Mi 5X yang telah meluncur di Tiongkok beberapa pekan yang lalu. Bedanya, jika Mi 5X menggunakan MIUI sebagai tampilan antarmuka, Mi A1 menggunakan tampilan stock Android 7.1.2 Nougat layaknya Gogogle Pixel.

Karena Xiaomi Mi A1 merupakan Mi 5X yang menggunakan tampilan Android murni, jadi baik desain maupun spesifikasi yang dimiliki smartphone ini sama persis dengan Mi 5X. Smartphone ini memiliki bodi metal dengan pilihan warna Black, Gold, dan Rose Gold. Terdapat sensor pemindai sidik jari di bagian belakang dan terdapat garis antena yang terinspirasi dari desain iPhone 7. Hal yang membedakan Mi A1 dengan Mi 5X adalah, adanya logo Android One di belakang tepat di bawah logo Mi.

Smartphone ini memiliki layar seluas 5,5 inci beresolusi Full HD 1080p dan ditenagai chipset 14nm Qualcomm Snapdragon 625 octa-core yang dipadukan dengan RAM 4GB. Untuk kapasitas penyimpanannya sebesar 64GB yang masih bisa diperluas dengan microSD.

Sektor fotografi tampaknya menjadi fokus utama pada smartphone Android One generasi ketiga ini. Benar saja, karena setup kamera yang diusung adalah dual-kamera yang terdiri dari 12MP lensa wide-angle dan 12MP lensa tele. Sistem ini disebut sebagai “dual-kamera flagship” yang mampu menghasilkan gambar sempurna. Dengan begitu, wajar jika Xiaomi mengatakan jika keampuan menangkap gambar kamera smartphone ini mirip dengan iPhone 7 Plus.

Kapasitas baterai yang dibawa smartphone ini juga terbilang mengesankan, yakni 3.080mAh yang mampu memberikan waktu penggunaan lebih lama mengingat chipset Snapdragon 625 dikenal sangat hemat konsumsi daya. Untuk port yang digunakan juga sudah bertipe USB Type-C.

Mengingat Xiaomi Mi A1 hadir tanpa MIUI, jadi fitur dan aplikasi kustom yang ada pada Mi 5X tidak termasuk ke dalam MI A1, kecuali aplikasi kamera. Selain itu, perusahaan juga menjanjikan upgrade Android 8.0 Oreo yang akan tiba pada akhir tahun ini, dan Xiaomi Mi A1 akan menjadi salah satu smartphone yang kebagian upgrade Android P untuk tahun depan.

Untuk ketersediaannya, smartphone ini akan tersedia pada tanggal 12 September dengan banderol harga INR14,999 atau setara dengan Rp3,1 jutaan. Belum diketahui kapan smartphone ini akan dirilis di Indonesia dan berapa harganya ketika tiba di Tanah Air, namun yang jelas Indonesia termasuk salah satu dari 37 negara tujuan penjualan smartphone ini.

Spesifikasi: Xiaomi Mi A1
Layar: 5,5 inci, FHD 1080p, 2,5D Glass
Fingerprint: Ya
CPU/Chipset: Qualcomm Snapdragon 625 14nm, Octa-Core 2.0GHz
RAM: 4GB
Memori Internal: 64GB
Slot MicroSD: Ada
Baterai: 3.080 mAh
Kamera Belakang: 12MP Wide-Angle + 12MP Telephoto, Dual Tone Flash
Kamera Depan: 5MP
OS: Android 7.1.2 Nougat
Koneksi: Dual SIM 4G
NFC:

NO COMMENTS

Leave a Reply