Mengingat begitu pesatnya perkembangan perangkat tablet dan mobile akhir-akhir ini, tentunya banyak membuat para vendor berlomba-lomba melahirkan aplikasi-aplikasi yang berkualitas sebagai pendukungnya. Begitu halnya dengan Yahoo, yang kabarnya baru-baru ini telah mengumumkan peluncuran sebuah produk aplikasi yang dikenal dengan sebutan “Livestand”. Aplikasi yang dimaksud memang diperuntukkan khusus bagi berbagai perangkat tablet dan mobile yang ada sekarang ini dan dapat dipergunakan sebagai tools browsing pribadi yang berhubungan dengan konten milik Yahoo sendiri, sedangkan pada masa yang akan datang barulah kemungkinan akan disertakan pula konten eksternal lainnya. Adapun kekuatan dari keberadaan aplikasi “Livestand” besutan Yahoo ini adalah terletak pada keberadaan teknologinya, sebagai salah satu cara terbaik bagi penerbit maupun pengiklan agar dengan secara mudah menjangkau para pengguna tablet dan smartphone dimanapun berada.

Pada rilisnya ini, Livestand akan menampilkan konten Yahoo Sports, Yahoo News, Flickr, situs gosip selebriti OMG, dan Yahoo Contributor Network (yang didukung oleh media dan berasal dari Associated Content, sebuah perusahaan kliring freelance yang telah Yahoo akusisi tahun yang lalu). Konten tersebut akan dikustomisasi berdasarkan keinginan penggunanya, waktu hari ini beserta lokasinya, berita-berita lokal dan laporan cuaca. Iklan-iklan yang ada nantinya akan ditampilkan seperti gaya tampilan majalah. Sebagai permulaan, Livestand sendiri akan segera mendukung aplikasi yang berbasis Android dan tablet iPad dalam beberapa bulan mendatang, lalu diikuti dengan aplikasi-aplikasi versi berbasis browser dan smartphone.

Dalam Livestand juga akan dibahas tentang CEO Carol Bartz, yakni salah seorang yang berupaya membangkitkan kembali perusahaan teknologi Yahoo. Carol Bartz sendiri juga tak luput dari hempasan kritikan selama ini. Selain itu kabarnya beliau juga akan menghadiri konferensi Mobile World Congress yang diselenggarakan di Barcelona pada akhir bulan ini.

Bertepatan dengan musim gugur tahun yang lalu, kala itu Yahoo kabarnya pernah mengikat kerjasama dengan salah satu kedai kopi ternama yaitu Starbucks. Dalam kerjasama tersebut, Yahoo menyediakan halaman khusus dengan mengoptimalkan perangkat tablet yang ada dan hanya dapat diakses dari kedai kopi Starbucks menggunakan dukungan konten dan teknologi milik Yahoo. Begitu pula halnya dengan aplikasi Livestand dengan target lokal dan antarmuka yang apik ini tampaknya memang terlihat agak mirip sejauh ini. Publikasi berbasis tablet telah banyak digunakan sejak debut perangkat iPad setahun yang lalu, dan beberapa bulan terakhir tiba-tiba terlihat muncul publikasi berita-berita berbasis tablet ini seperti harian News Corp’s dan majalah gaya hidup seperti Virgin Group’s Project. Akan tetapi apa yang telah Yahoo bangun tersebut menjadi bacaan berita visual yang bagus. Dan hal ini adalah konsep yang pernah dipopulerkan oleh Flipboard, yaitu sebuah start-up yang merujuk ke RSS feed dan stream Twitter menjadi sebuah antarmuka yang menyerupai tampilan sebuah majalah.

Dengan adanya uji coba produk Yahoo terbaru ini akan menghadirkan konten tambahan partner. Selain itu, kelak para penerbit majalah dan surat kabar yang ada bisa memanfaatkan dan menyemarakkan konten aplikasi kios berita digital besutan Yahoo ini. Hm, Kita tunggu saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here