WOW! Itu merupakan respon yang biasa terjadi mendengar berita kalau Yahoo membeli Tumblr dengan nilai 1.1 miliar USD atau mendekati sekitar 11 triliun rupiah. Sungguh berani langkah yang diambil Yahoo dengan CEOnya sekarang Marissa Mayer yang memberi penilaian begitu besar pada suatu perusahaan platform blog yang sedang populer saat ini.

Tumblr memang sangat hot sekarang ini dengan jumlah 108 juta blog dengan total 50.7 miliar posting yang memang merupakan angka fenomenal melihat umur Tumblr maupun pendirinya yang masih sama-sama muda. Tumblr masih berumur 6 tahun (lahir tahun 2007) sedangkan pendirinya David Karp masih berumur 26 tahun saat ini.  Kalau dilihat dari sisi demografi audiens Tumblr, mereka berhasil menjangkau 44 juta orang di Amerika dan 134 juta orang di seluruh dunia, sedangkan ranking Alexa global dari Tumblr berada pada ranking 32 saat ini, fantastik kan!

Tapi kalau melihat sisi monetisasi Tumblr bisa kita lihat bahwa perusahaan ini masih “hijau” dalam pendapatan, dibanding pengeluaran operasional dan besaran investasi yang telah didapat, Tumblr baru bisa mendapatkan penghasilan sebesar 13 juta USD di tahun 2012. Bahkan Sir Richard Branson pemilik Virgin juga sudah ikut-ikutan berinvestasi di perusahaan blog terkeren saat ini.

Rencana hari Senin ini, pembelian Tumblr yang sudah mendapat restu dewan direksi Yahoo ini akan diumumkan resmi. Strategi pembelian ini merupakan langkah yang dianggap penting oleh Yahoo untuk menjangkau audiens anak muda yang mulai merasa Yahoo sudah menjadi “kuno dan tua” yang dianggap penting oleh Marissa Mayer untuk membawa Yahoo sukses di masa depan.

Walau informasi ini belum dikonfirmasi, tapi hampir dapat dipastikan bahwa acara Yahoo yang akan mengumumkan hal sangat penting hari Senin ini adalah terkait pembelian Tumblr.

Tapi langkah Yahoo saat ini dirasa seperti “de javu” alias mengulang kesalahan Yahoo saat membeli Geocities di tahun 1999 di mana saat itu Geocities merupakan platform pembuat website gratis yang sangat populer di dunia dan Yahoo membeli dengan nilai 3.57 miliar USD namun setelah itu di tahun 2009 Geocities pun ditutup, dan uang yang dikeluarkan Yahoo untuk membeli pun tidak “kembali” karena Geocities tidak berhasil memonetisasi audiens-nya yang sangat besar. Sama halnya dengan Tumblr saat ini, walau audiensnya sangat besar tapi masih bergulat dalam urusan monetisasi.

Apakah langkah Yahoo ini akan menjadi kesalahan terbesar Marissa Mayer atau justru keputusan brilian strategis kita belum tahu, karena keputusan-keputusan setelah pembelian ini lah yang lebih penting. Terlebih infonya Tumblr diberi independensi sehingga Yahoo akan memberi kebebasan untuk mengambil keputusan dan mengembangkan diri bagi Tumblr, sama halnya seperti Instagram yang dibeli Facebook dengan nilai 1 miliar USD saat ini masih terus berkembang karena Facebook memberi keleluasan bagi pendiri Instagram untuk terus memiliki kebebasan dalam mengembangkan aplikasi foto terpopuler tersebut.

Semoga dengan keahlian & pengalaman Yahoo dalam “advertising” bisa membuat Tumblr memanfaatkan maksimal audiens dan trafiknya, sedangkan Tumblr diharapkan dapat menyuntikkan kreativitas, inovasi dan unsur coolness ke dalam Yahoo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here