Ya, Yahoo meluncurkan produk baru kemarin ini yang mungkin membuat Anda  tertarik. Produk ini bukan konsep baru, tapi tampaknya berguna bagi para pengguna setia Yahoo.

Hari ini di sebuah acara pers di San Francisco, Yahoo mengumumkan peluncuran produk baru yang disebut ‘Search Direct’. Fitur ini terlihat sangat mirip Google Instant: di mana saat Anda mulai mengetik sebuah query ke Yahoo Search, situs akan mulai menampilkan hasil yang sesuai dengan masing-masing karakter baru yang ditambahkan (dengan kata lain, Anda tidak harus menekan tombol ‘kembali’). Fitur ini kini sudah aktif di search.yahoo.com.

Google Instant, tentu saja, telah melakukan sesuatu yang sangat mirip sejak September. Tetapi Yahoo mengatakan bahwa Search direct adalah mencari untuk membantu pengguna sesuai dengan “jawaban, bukan link”. Saat Anda mulai mengetik, sebuah widget persegi kecil akan geser ke bawah dari kotak teks pencarian dan menunjukkan hasil yang kaya bila tersedia. Misal apabila Anda – lakukan query untuk “Kobe”, dan Anda akan melihat rincian cepat statistik pemain basket Kobe Bryant seperti statistik rata-rata musim 2010-2011.Atau coba cari kata wea akan menampilkan info seputar weather.

Google Instan juga menunjukkan hasil yang kaya bila memungkinkan, tapi Yahoo Search direct tampaknya lebih cepat, ini karena tidak menampilkan seluruh halaman.

Ditanya tentang bagaimana hal ini dibandingkan dengan Google Instan, Yahoo SVP dari Pencarian Produk Shashi Seth berkata “Produk mereka  / Gogole  sangat berbeda. Kami berfokus pada penyediaan jawaban, bukan link. Google Instan difokuskan pada penyediaan link lebih, lebih cepat. Bukan jawaban. Kami percaya generasi berikutnya pencarian terlepas dari apakah itu di web atau mobile, mereka mencari jawaban, bukan link “Saya menduga Google tidak  setuju dengan pernyataan ini, sebagai raksasa pencarian telah lama meningkatkan jumlah hasil yang “rich”. menampilkan hasil di samping sepuluh link biru yang normal.

Ditanya tentang bagaimana Yahoo memberikan hasil yang begitu cepat, Shashi mengatakan bahwa hal ini dihasilkan oleh infrastruktur yang sama sekali berbeda dari server normal pencarian. infrastruktur adalah “signifikan lebih kecil” – Yahoo menggunakan sekitar 15 kategori data, tetapi mengatakan akhirnya dapat memperluas untuk memasukkan “ratusan kategori”. Beberapa kategori pada titik ini: olahraga, musik, selebriti, cuaca, berita, belanja, lokal.

Yahoo akan menambahkan fitur-fitur baru dengan memungkinkan pengiklan untuk menanamkan gambar atau video dalam panel kanan (menjalankan query untuk Gap, dan Anda mungkin melihat iklan YouTube untuk Celah di daerah ini konten yang rich). Yang tampaknya untuk mengalahkan tujuan (jika saya mengharapkan kaya, hasil kontekstual, saya tidak ingin mereka benar-benar diganti dengan iklan), tapi kedengarannya seperti Yahoo masih bereksperimen dengan ini.

Shashi mengatakan bahwa fitur ini juga akan pada akhirnya akan tersedia di iPad, di mana mereka mengatakan akan sangat berguna. Tapi saat ini belum tersedia dan akan terlihat berbeda ketika itu terjadi peluncuran.

Yahoo EVP, Chief Product Officer Blake Irving mengatakan walau Yahoo melakukan outsourcing bagian dari upaya pencariannya, kami masih tahu bahwa pencarian adalah penting. Hal ini penting bagi pelanggan, dan itu penting bagi kami. Microsoft melakukan pencarian dan backend algoritmik. Tapi dia mengatakan bahwa membebaskan insinyur Yahoo untuk bekerja pada perbaikan lainnya. Dia juga menyebutkan bahwa Anda mungkin melihat ini muncul di situs-situs luar Yahoo.com.

Beberapa catatan lain:

  • Yahoo tidak ingin memasukkan hasil Facebook ke dalam pencarian
  • Yahoo bereksperimen dengan memperkenalkan fitur pencarian lebih lanjut, menampilkan hasil berdasarkan apa yang teman-teman telah mencari / berbagi
  • Q & A telah memutar kembali ke Google Instan beberapa kali. Shashi mengakui bahwa Google sebenarnya telah mencoba untuk memasukkan hasil lebih kaya melebihi 10 link biru, tetapi mengatakan bahwa Yahoo akan memberikan hasil yang kaya untuk sejumlah pertanyaan yang lebih luas.
  • Irving mengatakan “Banyak” orang yang bekerja pada pencarian
  • Sejauh integrasi dari situs lain, Irving mengatakan bahwa backend algoritmik mendorong data dari Associated Content, konten berlisensi, dan konten asli dari situs Yahoo sendiri (penerbit pihak ketiga juga akan menambahkan data mereka).
  • Yahoo berencana untuk membawa pengalaman Search direct di tempat lain, meskipun rencana masih samar-samar pada saat ini. Shashi mengatakan Yahoo berharap agar pengguna dapat terintegrasi ke dalam browser mereka chrome dan kotak pencarian di tempat lain di web

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here