Ponsel dengan dual display atau dua layar sudah biasa, tapi kalau dual display tapi jenis layarnya berbeda, salah satunya LCD dan satunya lagi layar E-ink memang belum pernah ada sebelumnya. Itulah inovasi yang dihadirkan YotaPhone, smartphone dari Rusia di mana salah satu layarnya sama jenis dengan Amazon Kindle menggunakan teknologi layar hitam dan putih E-Ink yang menggunakan tenaga batere hanya apabila image pada layar berganti.

Layar jenis ini tidak cocok buat nonton video, tapi cocok untuk melihat data seperti prakiraan cuaca, stock quote, tweet, dan FB entry tanpa perlu membangunkan ponsel dari mode energy saving.

Keunggulan E-ink selain sangat hemat daya, adalah dapat dilihat dan dibaca jelas di bawah sinar matahari.

Layar YotaPhone berukuran 4.3 inci dengan lapisan Gorilla Glass, memiliki resolusi 1280x720px pada layar LCDnya sedangkan untuk E-ink memiliki kepadatan 200 dpi.

Untuk hardware, YotaPhone menggunakan prosesor dual core 1.5 Ghz Snapdragon dengan memori 2GB RAM serta kapasitas penyimpanan 32/64 GB. Baterenya berkapasitas 2,100 mAh dan bahkan ada konektivitas LTE dengan kamera 12MP di belakang dan kamera 720p di depan.

Rencana ponsel ini akan dipamerkan di Mobile World Congress di Bercelona, dan dipasarkan pada kuarter ketiga 2013 di Rusia dengan harga sekitar 500 USD.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here