Saat ini YouTube telah memiliki fitur download offline, di mana pengguna diizinkan untuk mengunduh video terlebih dahulu dan kemudian dapat ditonton secara offline untuk beberapa video tertentu. Tentu saja fitur semacam ini dapat berguna jika Anda hendak bepergian ke tempat yang tidak memiliki akses internet namun tetap ingin mendapat hiburan dari YouTube. Selain itu, ini juga dapat berguna untuk negara berkembang di mana data seluler mahal dan terbatas, sehingga menyimpan video secara offline ketika sedang terhubung ke WiFi adalah cara yang tepat agar tetap bisa menonton video nanti.

Menurut laporan Android Police, tampaknya sekarang YouTube akan merekomendasikan pengguna untuk mengunduh video tertentu. Hal ini diketahui dari sumber pengguna Twitter asal Malaysia, yang melalui akun Twitter miliknya menyampaikan hal tersebut dan memberikan screenshot dari fitur tersebut. Pada playlist YouTube miliknya, terlihat tombol rekomendasi unduhan video yang bisa Anda lihat pada gambar di atas.

Agaknya ini bekerja di sepanjang baris yang sama dari rekomendasi YouTube lainnya, di mana itu akan didasarkan pada video yang Anda tonton atau berpikir bahwa Anda mungkin suka. Sejauh ini tes ini tampaknya terbatas pada Malaysia karena belum ditemukan adanya hal serupa di negara lain, dan belum diketahui kapan fitur tersebut akan ditawarkan untuk negara lainnya.

Namun jika ini hanyalah tes, maka juga tidak ada jaminan apakah itu akan diluncurkan ke pengguna yang lebih luas dan dirilis sebagai fitur lengkap, tapi tentunya kita berharap tes tersebut akan menjadi fitur final.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here