Layanan streaming video milik Google, YouTube kemungkinan akan melakukan proses akuisisi terbesar yang pernah dilakukannya. Perusahaan yang diakuisisi oleh Google di tahun 2006 itu pun kabarnya tengah menyiapkan dana mencapai 1 miliar USD atau setara 11 trilun rupiah untuk membeli perusahaan video game streaming bernama Twitch.

Menurut sumber dari Variety, proses akuisisi tersebut akan dilakukan dengan melibatkan uang tunai secara keseluruhan. Namun untuk proses akuisisi ini, pihak YouTube masih harus berhadapan dengan regulator di Amerika Serikat yang menentang adanya rencana merger ini. Penolakan tersebut terjadi karena proses akuisisi ini bisa berakibat adanya sikap antikompetitif di segmen layanan penyedia video online.

twitch

Keberadaan Twitch dalam YouTube pun bakal memberikan peran yang besar bagi Google. Layanan Twitch pertama kali diluncurkan pada bulan Juni tahun 2011. Dan menurut perusahaan video online dan networking Qwilt, Twitch mempunyai market share yang dominan di segmen live streaming, dengan prosentase mencapai angka 43,6 persen.

Selain itu, Twitch juga diklaim telah mempunyai pengguna per bulan mencapai angka 45 juta user. Tak hanya itu, Twitch pun mengatakan kalau terdapat lebih dari 1 juga membernya yang melakukan aktivitas upload video setiap bulan.

via ZDnet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here