Pasar komputer dengan ukuran yang mirip dengan flash disk saat ini nampaknya sudah berhasil memikat para konsumen. Bila pada tahun 2015 lalu ada Intel Compute Stick yang dikatakan ukurannya bisa masuk ke dalam saku, lalu ada Asus yang juga disertai dari merek lainnya. Nah tidak mau ketinggalan, Zotac akhirnya juga melirik kesempatan emas ini.

ZBOX-PI221-1

Seperti yang dikutip dari Tom’s Hardware, Jumat (13/5/2016), dikatakan bahwa Zotac baru saja memperkenalkan kommputer dengan ukuran seperti flash disk, atau kita sebut komputer stik, dengan seri ZBOX PI220 dan PI221. Bentuknya bisa dikatakan hampir menyerupai komputer stik dari Intel Compute Stick.

Kedua komputer stik ZBOX PI220 dan PI221 ini tidak memiliki perbedaan dari sisi hardware-nya, hanya saja pada ZBOX PI220 menggunakan pendingin dengan sistem kipas. Sedangkan untuk ZBOX PI221 menggunakan pendingin pasif, mirip dengan komputer stik lainnya yang beredar di pasaran.

ZBOX-PI221-0

Komputer stik ZBOX PI220 dan PI221 ini dibekali dengan prosesor dari Intel Atom X5-Z8300 Cherry Trail dengan kecepatan 1,44GHz. Lalu ada juga RAM sebesar 2GB yang siap menemani segala aktifitas mobile penggunanya. Tidak ketinggalan juga ada penyimpanan menggunakan eMMC dengan kapasitas 32GB.

ZBOX_PI220-0

Zotac ZBOX PI220 dan PI221 ini telah dibekali dengan GPU yang memiliki clock sebesar 500MHz. Namun jangan harap komputer stik ini dapat memainkan game terbaru, karena keterbatasan pengolah grafis ini. Tapi untuk bermain game lawas nampaknya komputer stik ini tidak akan mengalami kendala. Keduanya juga telah dilengkapi dengan sebuah port RJ-45, sebuah port USB 3.0, dan port HDMI.

Sayangnya, komputer stik yang menggunakan sistem operasi Windows 10 ini belum ada keterengan resminya kapan akan hadir di pasaran. Untuk harganya saja juga masih belum diketahui, tapi nampaknya akan bersaing ketat dengan intel Compute Stick.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here