Perkembangan dari penggunaan sistem operasi Steam yang difokuskan untuk gaming pada perangkat komputer memang sedang ramai dibicarakan di kalangan para gamer komputer, terutama yang berbasis pada layanan Steam.

Setelah resmi merilis Steam OS yang berbasis Linux, banyak para brand-brand ternama menciptakan produk unggulan mereka untuk dapat berjalan di sistem operasi Steam tersebut. Seperti yang dikutip dari Hexus, Kamis (5/11/2015), adalah Zotac yang kali ini memproduksi perangkat komputer, berbasis Steam OS.

nen-0

Zotac memperkenalkan perangkat komputer dengan sistem operasi Steam dengan nama Zotac NEN, atau serinya adalah ZBOX-SN970-P. Yang menjadi kunci dari Zotac NEN adalah, prosesor yang digunakan adalah prosesor generasi terbaru dari Intel Skylake, Core i5 6400T. Selain itu, juga terdapat RAM sebesar 8GB, yang dapat ditambah hingga 16GB, karena tersedia 2 slot DIMM pada Zotac NEN ini.

Dalam bermain game, tidak hanya prosesor dan kapasitas RAM saja yang diperhatikan, namun juga VGA card yang digunakan. Seperti pada perangkat Zotac NEN ini yang mengusung kartu grafis dari Nvidia, GTX 960 dengan VRAM 3GB GDDR5 192 bit. Dengan GTX 960, bermain game di resolusi Full HD bukanlah suatu masalah karena kartu grafis ini mampu mengimbangi game-game berat saat ini.

nen-01

Soal kapasitas penyimpanan, Zotac NEN ini dibekali dengan ruang penyimpanan sebesar 1TB dengan media hard disk konvensional. Jika ingin menggunakan SSD, bisa memanfaatkan slot M.2 SATA yang memberikan kecepatan yang lebih cepat dibanding dengan SSD konvensional dengan slot SATA 3.

Di bagian luar, terdapat 4 port HDMI 2.0, 2 buah port USB 3.0 dan USB 2.0, sebuah port USB 3.0 tipe C, dan dua port gigabit LAN. Sedangkan untuk konektivitasnya, terdapat WiFi 802.11 ac dan Bluetooth 4.0.

Yang menarik selain itu adalah, bentuk dari Zotac NEN ini bisa dibilang kecil untuk sebuah perangkat gaming, yaitu dengan dimensi panjang 210 mm, lebar 203 mm, dan tebal 62,2 mm. Dalam paket penjualan, juga disertakan sebuah Steam Controller dengan sistem operasi Steam yang sudah terpasang pada Zotac NEN ini.

nen-02

Sayangnya, hingga saat ini Zotac masih belum memberikan informasi lebih lanjut, kapan perangkat gaming Steam ini rilis di pasaran. Bahkan untuk harganya saja Zotac nampaknya masih malu-malu untuk membeberkan perangkat gaming mini ini.

(ND/Hexus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here