Pengembangan sistem operasi mobile milik Mozilla, yakni OS Firefox nampaknya sudah mencapai tahap akhir. Hal tersebut terlihat dengan mulai adanya produsen smartphone yang mengemukakan minatnya untuk meluncurkan smartphone berbasis OS Firefox.

Dilaporkan oleh Reuters, ZTE bakal menjadi salah satu produsen yang siap meluncurkan handphone berbasis OS Firefox. Masih menurut laporan tersebut, perusahaan yang berbasis di Cina tersebut dikatakan akan meluncurkan smartphone Firefox pada tahun depan.

Dengan menjalin kerjasama bersama ZTE, OS Firefox akan memiliki prospek yang cukup bagus. Terlebih ZTE dikenal sebagai produsen handphone terbesar keempat di dunia.

OS Firefox sendiri merupakan sistem operasi yang berbasis web. Sistem operasi ini pun akan menjalankan sebuah aplikasi yang ditulis seperti sebuah web apps, seperti aplikasi berbasis HTML5, Javascript dan tool lainnya. Sistem seperti OS Firefox sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Sebelumnya, HP memiliki webOS untuk tablet dan handphone yang pada akhirnya tidak berjalan dengan baik.

(Via Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here